https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/issue/feed Cendikia 2025-12-10T09:47:57+00:00 ilham ilhamyoa88@gmail.com Open Journal Systems <p>Cendikia : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran</p> https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/190 APLIKASI TEORI PERMINTAAN DALAM PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI 2022-12-26T09:36:02+00:00 Enny Kartini ennykartini@ikippgrikaltim.ac.id Milawati ennykartini@ikippgrikaltim.ac.id <p>Perguruan Tinggi (PT) merupakan lembaga pendidikan yang melaksanakan operasional kegiatannya selayaknya sebuah perusahaan industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang bisa dikonsumsi oleh konsumen.&nbsp; Oleh sebab itu, maka perguruan tinggi dalam pengelolaannya tidak bisa lepas dari teori-teori dalam ilmu ekonomi, salah satunya adalah teori permintaan. Konsep teori permintaan diperlukan dalam pengelolaan perguruan tinggi karena dari konsep tersebut lembaga akan memperoleh informasi sejauhmana produk jasa pendidikan diminati oleh masyarakat sehingga terdapat permintaan yang terus menerus terhadap produk yang ditawarkan oleh PT, dan PT juga mampu mengambil keputusan yang bijak mengenai harga produk jasa yang ditawarkan ketika mengetahui besarnya elastisitas permintaan terhadap produk jasa pendidikan.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/188 PENGARUH INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2016-2020 2022-12-26T08:58:16+00:00 Siti Akmalia sitiakmalia.sajidi@gmail.com Tri Widyasari tri6489@gmail.com Zakiah Adziimaa zakiahadziimaa@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh investasi terhadap penyerapan tenaga kerja di Kalimantan Timur tahun 2016-2020.&nbsp; Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh dari perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya, penelitian ini menggunakan sistem rentang waktu (time series), dimana data dikumpulkan berdasarkan data 5 tahun terakhir dari tahun 2016-2020.&nbsp; Hasil analisis data menunjukkan bahwa Nilai T<sub>hitung </sub>&nbsp;adalah 2,67940 dan nilai T<sub>tabel </sub>&nbsp;2,35336 maka T<sub>hitung &gt; </sub>T<sub>tabel</sub> ( 2,67940 &gt; 2,35536 ) dengan menggunakan nilai signifikansi 0,05.&nbsp; Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh signifikan variabel Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kalimantan Timur.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/204 KOLABORASI DAN SINERGI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI MENUJU SUKSES BERSAMA DI SMA NEGERI 1 JEMPANG 2022-12-26T22:55:46+00:00 Eduardus Bala eduardusbala30@admin.sma.belajar.id <p>Semua satuan Pendidikan dimanapun, memiliki potensi yang perlu dikebangkan dan dimunculkan. Tugas para pemimpin atau pemegang jabatan kepala satuan pendidikan adalah berusaha mengambil langkah langkah yang diperukan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan semua potensi yang ada menjadi nyata dalam mutu hasil belajar dan prestasi pserta didik dan sekolah.&nbsp;Kolaborasi dan sinergi adalah kata kunci yang harus digunakan oleh pimpinan sekolah dalam mewujudnyatakan semua potensi yang ada. Dengan Strategi kolaborasi dan sinergi yang baik, maka tujuan bersama yang diharapkan dari hadirnya Lembaga Pendidikan itu sendiri dapat benar-benar terlaksana.&nbsp;SMA Negeri 1 Jempang, adalah salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Atas di Kabupaten Kutai Barat, yang sudah berusaha mencoba melaksanakan strategi tersebut. Hasil yang di dapat adalah mutu proses dan hasil belajar, serta prestasi siswa dan sekolah semakin meningkat dan lebih baik dari tahun ke tahun. Inilah satu Best Practice yang bisa kami sampaikan dalam laporan ini</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/202 PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SUB MATERI KELANGKAAN SEBAGAI INTI MASALAH EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA 2022-12-26T22:41:53+00:00 Syaiful Anwar syaifulanwarbb@gmail.com Eko Pralistio syaifulanwarbb@gmail.com <div><span lang="EN-US">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran active debate dan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi sub materi kelangkaan sebagai inti masalah ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 3 Samarinda tahun 2022, dengan populasi 310 orang, dimana sampel penelitian ini adalah menggunakan total sampel 70 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes butir soal pilihan ganda dan essay yang sudah ditentukan skornya. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran Active Debate lebih baik dengan nilai rata-rata 74.06 dari pada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran <em>Konvensional </em>mendapatkan nilai rata-rata 67.80 hasil pengujian <em>Independent Sampel T-test </em>menunjukan bahwa </span><span lang="EN-US">lebih besar dari&nbsp; </span><span lang="EN-US">&nbsp;(2,229 &gt; 1,995) dan hasil nilai signifikansi </span><span lang="EN-US">sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 &lt; 0,05) maka H0 di tolak dan Ha di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pmbelajaran acive debate dan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi sub materi kelangkaan sebagai inti masalah ekonomi kelas X F dan E SMA Negeri 3 Samarinda Tahun 2022.</span></div> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/200 PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN VOKASI/KETERAMPILAN DI SLB NEGERI BONTANG 2022-12-26T22:19:30+00:00 Imas Nurfathonah slbnegeribontang@gmail.com <p>Pendididkan khusus yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus secara optimal sesuai dengan kemampuan dan potensi keistimewaannya agar&nbsp; tamatannya untuk menjadi pribadi mandiri bagi pemenuhan kebutuhannya maupun memasuki dunia kerja.&nbsp;Melalui perlakuan khusus diharapkan mereka dapat mencapai perkembangan yang optimal. Diperlukan pemahaman yang baik tentang anak yang membutuhkan layanan pendidikan khusus termasuk dalam menyediakan pendidikan vokasi/keterampilan. Agar setelah lulus dan kembali ke keluarga atau bekerja. Mereka memiliki kemandirian maka diperlukan optimalisasi pembelajaran vokasi/keterampilan di sekolah.&nbsp;Pendidikan vokasi/keterampilan sangat diperlukan bagi Anak Berkebutuhan Khusus agar mereka mempunyai kecakapan hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dan dapat membantunya untuk siap mandiri serta menghadapi dunia kerja.&nbsp;Untuk itu Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki kewajiban untuk menyediakan jenis-jenis pendidikan vokasi/keterampilan yang lebih banyak lagi agar peserta didik dapat memilih jenis vokasi/keterampilan sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat masing-masing peserta didiknya</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/198 PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MOTOR BENSIN 2022-12-26T21:58:26+00:00 Agus Perianto agusperiantosoppeng@gmail.com <p>Kelangsungan pendidikan selama pandemi akan tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat persiapan perguruan tinggi, kesiapan orang tua/ keluarga, serta kesiapan tenaga pendidik. Pertimbangan harus diberikan pada kebutuhan semua peserta didik untuk terus memberikan pendidikan selama berlangsungnya pandemi. (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin; (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin; (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian&nbsp;<em>expost facto. </em>Tempat penelitian ini di&nbsp;<span lang="EN-US">IKIP PGRI KALTIM&nbsp;</span>dan waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran 20<span lang="EN-US">22</span>/202<span lang="EN-US">3&nbsp;</span>. Sample penelitian ini adalah mahasiswa PVTO angkatan 202<span lang="EN-US">1</span>. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan kuisioner. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar&nbsp;<span lang="EN-US">mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM</span>, (2<span lang="EN-US">)&nbsp;</span>terdapat pengaruh signifikan&nbsp;<span lang="EN-US">motivasi belajar&nbsp;</span>terhadap hasil belajar&nbsp;<span lang="EN-US">mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM&nbsp;</span>, dan (3) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring dan motivasi belajar&nbsp;terhadap hasil belajar&nbsp;<span lang="EN-US">mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM</span></p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/196 SURVEI KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN SHOOTING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEPAK BOLA 2022-12-26T21:44:55+00:00 Muhamad Rohadi muhamadrohadi@ikippgrikaltim.ac.id Imran muhamadrohadi@ikippgrikaltim.ac.id Muhammad Nur Rizqi muhamadrohadi@ikippgrikaltim.ac.id <div><span lang="EN-US">Belum pernah diadakannya&nbsp; evaluasi keterampilan teknik dasar sepak bola ekstrakurikuler olahraga sepak bola di SMP Negeri 1 Sebulu merupakan dasar penelitian ini di lakukan. Agar dapat mengetahui tingkat kemampuan teknik dasar permainan sepak bola. Agar dapat mengetahui tingkat kemampuan teknik dasar shooting siswa. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Yang populasi penelitian adalah&nbsp;seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola, yang berjumlah 29 siswa putra. Penelitian ini menggunakan populasi keseluruhan sebagai sampel. Instrumen dalam &nbsp;penelitian ini menggunakan tes Fenanlampir yang di pakai tes kemampuan shooting. Skor yang di peroleh kemudian&nbsp; di analisis dengan teknik statistik yang di tuangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan&nbsp; penelitian dan pembahasan&nbsp; dapat di simpulkan&nbsp; bahwa kemampuan teknik dasar kemampuan shooting siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di SMP Negeri 1 Sebulu katagori sangat baik terdapat 3 orang sebesar 10,34%&nbsp; katagori baik terdapat 13 orang sebesar 44,83% katagori sedang terdapat 12 orang sebesar 41,38% katagori kurang terdapat 1 orang sebesar 3,45% katagori sangat kurag terdapat 0% Jelas terlihat bahwa katagori baik adalah kriteria hasil tes shooting siswa ekstrakulikuler olahraga sepak bola SMP Negeri 1 Sebulu yang terbanyak yaitu dengan jumlah siswa 13 orang</span></div> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/191 URGENSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER WIRAUSAHA 2022-12-26T09:41:02+00:00 Umi Fitria umifitria91@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi modal sosial dalam pembentukan karakter wirausaha mahasiswa. Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau <em>library research</em>, yakni penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Adapun metode penelitian kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori teori yang relevan dengan masalah-masalah penelitian.Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: modal sosial memiliki peran yang penting terhadap pembentukan karakter wirausaha mahasiswa.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/189 PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF IMAM GHAZALI 2022-12-26T09:29:19+00:00 Esa Claudia Putri Esaclaudia10@gmail.com Arifuddin Esaclaudia10@gmail.com Siti Rahmah Diana Esaclaudia10@gmail.com Muhammad Yunus Esaclaudia10@gmail.com Rafiatul Latifah Esaclaudia10@gmail.com Rina Riyanti Esaclaudia10@gmail.com Muhammad Firdaus Esaclaudia10@gmail.com Alya Fadila Esaclaudia10@gmail.com Ismail Esaclaudia10@gmail.com Muhammad al-Fain Arrafi Esaclaudia10@gmail.com Masbiyanti Esaclaudia10@gmail.com Cholid Shihabul Hikam Esaclaudia10@gmail.com Husnul Puad Esaclaudia10@gmail.com Akhmad Ramli akhmadramli@uinsi.ac.id Khojir Khojir@uinsi.ac.id Sudadi upm.gkm_pasca@uinsi.ac.id <p>Penelitian berikut yaitu suatu gagasasan yang ditawarkan Imam Al-Ghazali mengenai pendidikan anak dalam keluarga. Pendidikan anak ialah suatu kehendak nyata yang dikerjakan dalam membentuk tingkah laku yang dianjurkan dalam agama pada anak. Seperti halnya karakter pendidikan Islam &nbsp;yang mana diterangkan dari Imam Al-Ghazali bahwasannya nilai moralitas yang menjadi penekanan utama terhadap pendidikan anak dalam Islam. Pentingnya pendidikan anak dalam hal ini berikut adalah rumusan masalahnya: bagaimana pendidikan anak dalam keluarga perspektif Imam Al- Ghazali. Penelitian berikut ialahpenelitian kepustakaan (<em>library reseach</em>). Dan memakai pendekatan historis, sumber data pada penelitian ini ialah sekunder dan primer, serta memakai <em>content analysi</em><em>s </em>dalam penelitian ini. Adapun hasilnya dari penelitian berikut ialah Imam Al- Ghazali berkaitan pendidikan telah mengutamakan pada akhlaknya yaitu pembinaannya serta menanamkan budi pekeri pada anak sejak kecil.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/203 PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT KESEHATAN PADA PT. HYGEA SUMBER BINTANG DI SAMARINDA 2022-12-26T22:49:55+00:00 Imuliyati Tommy.fimi@gmail.com Muhammad Tommy Fimi Putra Tommy.fimi@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian alat kesehatan di PT. Hygea Sumber Bintang Samarinda, denganpopulasi 200 orang.dimana sampel dalam penelitian adalah menggunakan total sampel yaitu 30 orang. Penelitian in menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi,wawancara, dan angket/kuesioner.&nbsp;Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusanpembelian, maka selanjutnya adalah meggunakan rumus statistic UJI F dengan taraf signifikansi/kepercayaan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung &gt; Ftabel (4,85&gt;3,35) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untukmengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap keputusan pembelian ,maka langkah selanjutnya adalah menggunakan rumus statistik UJI T dengan taraf signifikansi/kepercayaan 0,05.Hasil analisis data&nbsp;menunjukkan bahwa&nbsp;Thitung &gt; Ttabel (2,910&gt;2,052) maka Ho ditolak&nbsp;dan Ha diterima.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/201 PEMANFAATAN TV INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MAHASISWA IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR 2022-12-26T22:35:47+00:00 Achmad Maulana maulanasmd94@gmail.com Veni Imawati veniimawati@unublitar.ac.id Hesti Hasanah Tommy.fimi@gmail.com <div><span lang="EN-US">Perkembangan di dunia pendidikan semakin hari semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya pilihan alternatif media dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pemanfaatan TV interaktif sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi mahasiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur. IKIP PGRI Kalimantan Timur telah memiliki layar TV interaktif yang bisa dimanfaatkan sebagai media berbasis teknologi informasi kepada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai pemanfaatan TV&nbsp; interaktif sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi sebesar 80%.</span></div> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/199 PENGARUH PELAKSANAAN PERKULIAHAN DAN PPL II SECARA DARING TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU DI FKIP ULM 2022-12-26T22:13:29+00:00 Supriyanto Tommy.fimi@gmail.com Mahmudah Hasanah Tommy.fimi@gmail.com Agus Reza Sa’bandi Tommy.fimi@gmail.com Rosa Vidiya Rahmadayanti Tommy.fimi@gmail.com Muhammad Fazrin Tommy.fimi@gmail.com <p>Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningakatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya untuk mempersiapkan kemampuan para calon guru dalam menghadapi tugas pembelajaran, dapat dilakukan melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan juga suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menetapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional, serta rangka pembentukan guru yang profesional.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kegiatan pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh Mahasiswa FKIP ULM pada pelaksanaan PPL II pada tahun ajaran 2021/2022 dibantu dengan aplikasi seperti zoom dan google meet. Melihat dari hasil survei yang dilakukan penulis kepada mahasiswa pendidikan ekonomi, yang terjadi dilapangan pelaksanaan PPL secara daring nyatanta masih belum bisa dikatakan maksimal pelaksanaannya, karena banyak mahasiswa mengeluhkan seperti faktor penghambat kegiatan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan oleh mahasiswa, faktor penghambat pelaksanaan PPL seperti kouta, jaringan, device yang kurang memadai dari mahasiswa maupun dari peserta didik sendiri dan juga media platform belajar online yang masih kurang dimanfaatkan oleh guru atau siswa, sehingga mengakibatkan susahnya melakukan interaksi pembelajaran antara siswa dan guru atau mahasiswa dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu sangat diperlukan kondisi mahasiswa yang memang harus mempunyai kesiapan untuk menjadi guru, baik secara daring ataupun secara luring.</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/197 PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA GERAK KENDARAAN 2022-12-26T21:52:17+00:00 Priangga Pratama Putra Haryanto Priangga.pph13@gmail.com Muhammad Septiawan septiawanmuhammad38@gmail.com Rendy Fatur Hidayat rendyfaturhidayat06@gmail.com <p>Lingkungan keluarga dipandang sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi belajar anak diartikan sebagai, lingkungan keluarga merupakan unit terkecil dari sebuah masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa PVTO IKIP PGRI KALTIM angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 PVTO IKIP PGRI KALTIM. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga (X) terhadap hasil belajar MGK (Y) mahasiswa angkatan tahun 2021 PVTO IKIP PGRI KALTIM. Dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000&lt;0,05 dan thitung (12,869) &gt; ttabel (2,026).</p> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/192 PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN LATIHAN DUMBELL CURL TERHADAP KETEPATAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2021 2022-12-26T09:45:47+00:00 Ilham Ilhamyoa88@gmail.com <div> <p class="Badan"><span lang="DE">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan adalah (1) Untuk mengetahui dampak penerapan </span><span lang="SV">latihan <em>push up</em> terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021</span><span lang="NL"> (2) Untuk mengetahui dampak penerapan </span><span lang="SV">latihan <em>dumbell curl</em> terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021</span><span lang="NL"> (3) Untuk mengetahui perbedaan dampak penerapan </span><span lang="SV">latihan <em>push up</em> dan <em>dumbell curl</em> terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021.</span></p> </div> <div> <p class="Badan"><span lang="DE">Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler</span><span lang="SV"> SMA Negeri 3 </span><span lang="DE">Samarinda sebanyak 40 siswa. Dari jumlah tersebut diambil seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler untuk menjadi sampel berjumlah 40 siswa laki-laki.</span><span lang="DE">Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pola M-G (Matched-Group Design) yaitu sebelum eksperimen dilakukan antara kelompok A dan kelompok B. Antara kelompok A dan kelompok B diseimbangkan lebih dahulu sehingga dua-duanya dari titik tolak yang sama. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-tes.</span></p> </div> <div> <p class="Badan"><span lang="DE">Berdasarkan hasil analisis data, (1) Ada pengaruh latihan </span><em><span lang="EN-US">push up</span></em><span lang="DE"> terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021, dimana t<sub>hitung</sub></span><span lang="EN-US"> &gt; t</span><sub><span lang="PT">tabel</span></sub><span lang="DE">. T<sub>hitung</sub> menunjukkan angka 7.833 sedangkan t</span><sub><span lang="PT">tabel</span></sub><span lang="DE"> menunjukkan angka 2.093. (2) Ada pengaruh latihan </span><em><span lang="ES-TRAD">dumbel curl</span></em><span lang="DE">terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021 dimana t<sub>hitung</sub></span><span lang="EN-US"> &gt; t</span><sub><span lang="PT">tabel</span></sub><span lang="DE">. T<sub>hitung</sub> menunjukkan angka 8.309 sedangkan t</span><sub><span lang="PT">tabel</span></sub><span lang="DE"> menunjukkan angka 2.093. Latihan </span><em><span lang="EN-US">dumbell curl </span></em><span lang="DE">memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan latihan </span><em><span lang="EN-US">push up</span></em><span lang="DE">, dimana latihan </span><em><span lang="EN-US">dumbell curl </span></em><span lang="DE">memberikan sumbangan 23.36% sedangkan latihan </span><em><span lang="EN-US">push up</span></em><span lang="DE"> memberikan sumbangan 11.89% terhadap ketepatan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pelajaran 2021.</span></p> </div> 2025-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 CENDIKIA