PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGRI 8 DI KOTA YOGYAKARTA

Penulis

  • Noredyo Molyaningrum IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

penguasaan kosakata, pemahaman membaca bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Kemampuan membaca sebagai Variabel Bebas I (X) dan pemahaman membaca bahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah 32 orang siswa SMP Negeri 8 di kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian adalah dua tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata berpengaruh terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Terbitan

Bagian

Artikel