PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGRI 8 DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Noredyo Molyaningrum IKIP PGRI KALTIM

Keywords:

penguasaan kosakata, pemahaman membaca bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Kemampuan membaca sebagai Variabel Bebas I (X) dan pemahaman membaca bahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah 32 orang siswa SMP Negeri 8 di kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian adalah dua tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata berpengaruh terhadap pemahaman membaca bahasa Inggris siswa.

Published

2022-04-20

How to Cite

Noredyo Molyaningrum. (2022). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGRI 8 DI KOTA YOGYAKARTA. Cendikia, 3(1), 85–98. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/97