UPAYA PENINGKATKAN KETRAMPILANMENGAJAR GURU MENGGUNAKAN METODE PAIKEM VARIATIF MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMK HUSADA PRIMA SAMARINDA
Kata Kunci:
Supervisi,metode PAIKEM Variatif.Abstrak
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilanmengajar para guru dalam menggunakan Metode PAIKEM Variatifmelalui supervisi Kepala Sekolah di SMK Husada Prima, Samarinda, pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan populasi sekaligus sampel ini dilakukan pada 18 orang guru. Adapun keberhasilan guru per-orang diukur dari minimal mendapatkan tingkat Kreteria Menggunakan Metode PAIKEM Variatif(MMP) : 75 % dari metode metode yang digunakan dengan prosentasi pencapaian minimal 75 % orang gurudari 18 orang yang ada. PTS ini dimulai dari kondisi nyata pada semester-semester sebelumnya, di mana guru-guru dalam mengajarlebih menggunakan metode ceramah,tanya-jawab dan drillsecara berulang sehari-harinya di kelas. Walaupun dalam pembelajaran sehari-hari sudah ada metode metode yang digunakan guru masuk ke dalam kelompok scientific approachseperti drill, tetapi masih sangat terbatas padahal masih banyak banyak metode-metode scientific approach lainnya yang perlu dikuasai untuk diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari. Untuk meningkatkan ketrampilan paedagogikini, dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dengan melalui 2 kali siklus tindakan, dandiperoleh hasilnya sebagai berikut :pada siklus I guru memperoleh nilai MMP: sebanyak 4orang ( 22%) guru yang menerapkan PAIKEM Variatif dari 18 orang guru yang ada, kemudian pada siklus II : meningkat singnifikan menjadi sebanyak 14orang (78%). Dari pelaksanaan PTS dengan supervisi oleh kepala sekolah kepada guru dalam menggunakan metode PAIKEM Variatif inihasilnya mampu mendorong peningkatan kompetensi paedagogik guru mengaplikasikan metode PAIKEM Variatifdalam pembelajaran di kelas.