PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN PADA MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA

Penulis

  • Supriyanto Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahmudah Hasanah Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Saidillah Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Media sosial, Pengetahuaan kewirausahaan, Minat berwirausaha

Abstrak

Pengangguran adalah masalah yang sangat serius yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini, dan ini adalah hasil dari banyak orang yang hanya memikirkan mencari pekerjaan daripada menciptakan pekerjaan mereka sendiri.Salah yang dapat dilakuakan dalam mengatasi masalah pengangguran adalah dengan menimbulkan ketertarikan mahasiswa dalam berwirausaha.Tujuan dalam kajian ini untuk mengidentifikasi: (1) Penerapan media sosial pada ketertarikan wirausaha. (2) pengetahuaan kewirausahaan pada minat wirausaha. (3) penggunaan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan kepada minat berwirausaha. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan pengambilan sample menggunakan stratified random sampling. Teknik analisis prasyarat mencakup tes keadaan normalitas dan linier.Uji regresi berganda yang dipakai dalam uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian, hasil berikut dapat diperoleh: (1) Media sosial memiliki pengaruhakan minat berwirausaha dengan Tcount>Ttable (6,721>1.983). (2) Pengetahuan kewirausahaanberpengaruhakan minat berwirausaha ditunjukan Tcount>Ttable (5,840> 1.983). (3) Media sosial dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan memiliki pengaruh akan minat berwirausaha ditunjukkan nilai Fcount>Ftable = 97,948> 3,090.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-22

Terbitan

Bagian

Artikel