PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMPN DI KABUPATEN BULUKUMBA

Penulis

  • Noredyo Molyaningrum IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

kemampuan membaca, penguasaan kosakata, pemahaman tata bahasa, kemampuan menulis narasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa; (2) kemampuan membaca; (3) penguasaan kosakata; dan (4) tata bahasa terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah satu angket dan tiga tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Regresi Parsial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa; (2) Kemampuan membaca berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa; (3) Penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa; dan (4) Pemahaman tata bahasa tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-22

Terbitan

Bagian

Artikel