PENGARUH IKLAN ONLINE “PIXY” PADA SITUS YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWI IKIP PGRI KALTIM TAHUN 2019
Kata Kunci:
Iklan, Minat BeliAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan online “PIXY” pada situs youtube terhadap minat beli mahasiswi IKIP PGRI KALTIM tahun 2019, dengan populasi mahasiswi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 88 orang mahasiswi yang telah menonton video pada YouTube Chanel Tasya Farasya “Uji Ketahanan PIXY Make It Glow Series”.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penyebaran angket. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Setelah dilakukan uji regresi linear sederhana didapat persamaan regresi yaitu .
Selanjutya dilakukan pengujian hipotesis, yang diketahui nilai p = 0,000 dengan nilai sehingga nilai , dengan demikian H0 ditolak dan H1diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklan online “PIXY” pada situs YouTube terhadap minat beli mahasiswi IKIP PGRI KALTIM tahun 2019, dengan besar pengaruh 45,4%. Sedangkan 54,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.