Hubungan Antara Guru dan Siswa Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas XII-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Pelajaran 2018/2019
Kata Kunci:
Hubungan, Belajar, SekolahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar SMA Negeri 9 Samarinda tahun pelajaran 2018/2019. Sebanyak 196 orang populasi dengan menggunakan random sampling diperoleh sebanyak 20 orang. Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara hubungan guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar pada siswa kelas XI-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda tahun pelajaran 2018/2019. Teknik mengukuran data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pengukuran yakni pengukuran variabel hubungan guru dan siswa serta proses belajajar mengajar dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Dari analisis yang dilakukan yaitu analisis hubungan guru dan siswa terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai r hitung sebesar 0,872 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat karena berada pada kategori sangat kuat atau berada diantara 0,801-1,000. Sedangkan untuk mengetahui siginifikansi dari data yang dihitung diperoleh T hitung lebih besar dari T tabel atau 7,70>2,20. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan guru dan siswa dalam meningkatkan proses belajar mengajar siswa kelas XI-IPS III SMA Negeri 9 Samarinda maka Ho ditolak dan Ha diterima.