PERSEPSI TOKO KELONTONG TERHADAP RITEL MODERN DI SAMARINDATAHUN 2019

Authors

  • Margaretha Lasni Rhussary IKIP PGRI KALTIM

Keywords:

Persepsi Pedagang, Ritel Modern

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat persepsi pedagang terhadap keberadaan ritel modern di Samarinda dan untuk mengetahui bagaimana persepsi Toko Kelontong terhadap keberadaan Ritel modern di Samarinda tahun 2019 dengan subjek penelitiannya berjumlah 12 orang. Jenis penelitian in bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa subjek penelitian sebagai sumber data dalam melakukan wawancara dan peneliti sebagai instrument dalam melakukan pengamatan dan wawancara langsung dengan alat bantu berupa buku, pulpen, alat perekam, dan camera. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan, bahwa terdapat persepsi pedagang terhadap keberadaan Ritel modern di Samarinda. Bagi mereka keberadaan ritel modern memberikan persepsi yang positif maupun negatif, karena sebagian pedagang merasa di untungkan akibat harga kebutuhan pokok mereka menjadi murah. Namun, untuk pedagang kelontong dan sebagian dari pedagang sepatu/tas merasakan bahwa keberadaan ritel ini memberikan persepsi yang negatif tehadap penjualan, pendapatan dan jumlah konsumen

Published

2021-04-22

How to Cite

Lasni Rhussary, M. . (2021). PERSEPSI TOKO KELONTONG TERHADAP RITEL MODERN DI SAMARINDATAHUN 2019. Cendikia, 4(2), 1–10. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/78