PENGEMBANGAN POLA EVALUASI KULIAH BERBASIS BEKAL AWAL BELAJAR DI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Penulis

  • Suratno Universitas Lambung Mangkurat
  • Wisnu Subroto Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Pola evaluasi, Bekal awal belajar

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Pola Evaluasi Kuliah Berbasis  Bekal Awal Belajar di FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Tujuan Penelitian ini adalah gambaran profil masukan mahasiswa menurut bekal awal belajarnya dan faktor determinan apa saja yang bersumber dari presage variabel (pembawaan) dan contex variabel (lingkungan) yang prioritas menentukan mutu proses pembelajaran dan capaian hasil belajar mahasiswa di lingkungan FKIP ULM.

Metode Penelitian yang digunakan adalah R & D (Research and Development), dengan sampel penelitian yakni seluruh mahasiswa hasil admisi jalur mandiri diambil secara purposive. Pengumpulan data menggunakan data primer dan dianalisis menggunakan alat uji SPSS.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bekal awal belajar memiliki hubungan signifikan dengan capaian kemampuan mahasiswa khususnya pada semester awal dan kemampuan setelah beberapa tahun yang tergambar dari capaian Indeks Prestasi Semester dan Indeks Prestasi Kumulatif. Dan terdapat keberagaman pengetahuan dasar yang harus dikuasai mahasiswa sebagai bekal awal belajarnya sesuai dengan program studi. Meskipun demikian beberapa pengetahuan dasar seperti kompetensi berbahasa,matematika, dan teknologi dasar merupakan bekal awal belajar yang dominan harus dikuasai oleh mahasiswa. Sementara keterampilan yang mencakup penguasaan softskill seperti kemampuan berkomunikasi, keterampilan metodologis, wirausaha, dan seni budaya menjadi tambahan bekal awal belajar yang harus dikuasai dengan baik oleh mahasiswa di FKIP ULM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel