MANAJEMEN INOVASI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA ( Studi Kasus Di SMP Negeri 4 Samarinda)

Penulis

  • Masyni IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Manajemen,Inovasi Pembelajaran Efektif

Abstrak

Untuk meningkatkan daya saing sekolah tersebut sebagai sekolah yang efektif diperlukan inovasi pembelajaran dengan manajemen yang tepat. Untuk itu,penelitian ini bertujuan menemukan: (1), konsep inovasi pembelajaran,(2), implementasi fungsi-fungsi manajemen inovasi pembelajaran dan (3), implikasi manajemen inovasi pembelajaran. Menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan melalui tehnik observasi partisipasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian dalam disertasi ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data adalah kepala sekolah sebagai informan kunci dan wakil kepala sekolah, bidang kurikulum, koordinator siswa pembelajaran, guru pengajar serta siswa pembelajaran efektif sebagai informan pendukung Data dianalisis teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif melalui Analysis Interactive Model, yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data,dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwa:(1), konsep inovasi pembelajaran efektif dibangun melalui input  yang midle dengan proses pembelajaran yang efektif dan melahirkan output yang efektif. (2) implementasi fungsi-fungsi manajemen inovasi pembelajaran efektif melalui a) desain perencanaan dengan penetapan standar seleksi input, standar proses yang efektif, dan standar output yang efektif, b) pengorganisasian inovasi pembelajaran melalui alokasi waktu, peran dan tugas guru,dan sumber belajar, c) pelaksanaan inovasi pembelajaran melalui, penataan kelas melalui moving class, guru yang terstandar, pengelolaan media berbasis IT dan full day school, d) evaluasi inovasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tes dan non tes dengan standar mastery learning, dan penilaian kelas yang high competition, dan (3) implikasi manajemen inovasi pembelajaran meliputi sIstem pengelolaan pembelajaran semakin integratif,standar  kualifikasi guru semakin baik, dan reputasi sekolah semakin meningkat. (4) Penerapan manajemen inovasi pembelajaran efektif di SMPN Samarinda terdapat beberapa kendala yang memerlukan upaya untuk mengatasi masalah di lapangan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel