Strategi Pelaksanaan Program Pusat Keunggulan pada Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif di Kalimantan Timur

Penulis

  • Mawarda Nurodanika FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNIK, IKIP PGRI KALTIM
  • Prengky FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNIK, IKIP PGRI KALTIM
  • Syaparuddin FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNIK, IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, SMK PK, Link and match

Abstrak

Program SMK PK hanya dilaksanakan pada Sekolah Kejuruan terpilih untuk mewujudkan visi pemerintah dalam meningkatkan Pendidikan Kejuruan sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu perlu adanya strategi yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan program SMK PK yang meliputi strategi seleksi, perencanaan, dan pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SMK Bhakti Loa Janan, Kalimantan Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles & Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Seleksi program dilakukan dengan membentuk tim khusus, dokumen link and match, video aksi, dan rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2) Perencanaan program meliputi sosialisasi, penyediaan sarana dan prasarana, dan program pengembangan melalui pendampingan dari Politeknik Negeri Samarinda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata. (3) Pelaksanaan program meliputi Kurikulum Merdeka berbasis KOSP dan modul ajar, kemitraan link and match, peningkatan sarana dan prasarana, serta program penguatan kelembagaan SMK yang dilakukan dalam kegiatan benchmarking dengan PT Astra Daihatsu, dan program employee gathering.

CENDIKIA VOLUME 14, NOMOR 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel