PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 2 SAMARINDA TAHUN 2025

Penulis

  • Syaiful Anwar FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • Rendra Ika Winardi FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • Muhammad Faizal Hasanudin FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

media video, hasil belajar, kewirausahaan.

Abstrak

Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMKN 2 Samarinda Tahun 2025. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan di SMKN 2 Samarinda Tahun 2025, dengan populasi 473 orang, dimana sampel dalam penelitian adalah 33 orang yang diambil menggunakan teknik Sampling Purposive. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “One-Group Pretest-Posttest”. Instrumen menggunakan tes Pretest dan Posttest yang sudah ditentukan skornya dengan mengacu pada skala Linkert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai Posttest lebih besar dari nilai Pretest (78,787 > 46,363) dan hasil dari tabel frekuensi Posttest menunjukan peningkatan hasil belajar sebesar 60%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (7,366 > 2,040) dengan nilai signifikan 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan di SMKN 2 Samarinda Tahun 2025

CENDIKIA VOLUME 14, NOMOR 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel