APAKAH TINGKAT KEGEMARAN MEMBACA MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN LITERASI DI INDONESIA? TINJAUAN DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN

Penulis

  • Enny Kartini FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • Ernawati FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • Trivena FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Tingkat Kegemaran Membaca, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat, Manajemen Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah tingkat kegemaran membaca berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Indonesia dalam tinjauan perspektif manajemen pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Data penelitian bersumber dari website resmi Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga menggunakan data sekunder yang valid dan terverifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kegemaran membaca berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -4,284 + 1,075X, yang mengindikasikan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam tingkat kegemaran membaca akan meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat sebesar 1,075 poin. Uji t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dan nilai t-hitung sebesar 8,919 (lebih besar dari t-tabel 2,028), sehingga hipotesis penelitian diterima. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen pendidikan, khususnya dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program literasi untuk meningkatkan kualitas literasi masyarakat di Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-12

Terbitan

Bagian

Artikel