PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2024/205

Penulis

  • Siti Akmalia FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • Ursula Novanda Hibur FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM
  • M. Maulana Iskhak FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Minat Melanjutkan Studi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi berlajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII SAMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2024/2025, dengan populasi 37 orang siswa, dimana sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel jenuh dengan mengambil sampel dari jumlah populasi yaitu 37 orang. Penelitian ini untuk memperoleh data yaitu menggunakan teknik kuisioner dan dokumentasi, kemuian data-data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunkaan teknik korelasi sederhana. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil analisis korelasi antara variabel pretasi belajar (X) dengan minat melanjutkan studi (Y) mempunyai hubungan yang kuat yaitu sebesar r = 0,158 termasuk kategori kuat. Kemudian, untuk mengetahui hasil dengan menguji Tingkat signifikasi dari korelasi digunakan rumus Fhitung, setelah dihitung ternyata Fhitung > Ftabel yaitu 11,9355 > 4,02 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2024/2025.

CENDIKIA VOLUME 14, NOMOR 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel