ANALISIS KUALITAS CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MINAT BELI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE TAHUN 2024
Kata Kunci:
Kualitas Citra Merek, Keputusan Minat BeliAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas citra merek terhadap keputusan minat beli. Penelitian ini terdapat populasi yaitu berjumlah 261 dan diambil sampel sebanyak 30 orang. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan linier sederhana yang dibantu menggunakan Aplikasi SPSS versi 22 maka di dapat persamaan regresi sederhananya yaitu Y = 45,9 + 0,43 X yang mana artinya bahwa X=0 maka keputusan minat beli mahasiswa akan tetap 45,9 dan jika variabel kualitas citra merek naik sebesar 1 point makan keputusan minat beli akan naik 0,43. Setelah diperoleh persamaan regresi, kemudian penulis melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikan α = 0,05. Dan diperoleh F_hitung sebesar 5,15 dan nilai dari Ftabel sebesar 4,20 sehingga menghasilkan F= 5,15 > 4,20 (maka Ho ditolak dan H1 diterima) yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga ada pengaruh kualitas citra merek terhadap Keputusan minat beli mahasiswa IKIP PGRI Kalimantan Timur pada platform e-commerce shopee tahun 2024. Selanjutnya, dihitung nilai koefisien determinasi menunjukan hasil yang sangat kecil yaitu 9,8% yang artinya bahwa begitu banyak saingan dan variasi toko online yang tersedia di Masyarakat yang mana shopee bukan satu satunya platform ecommerce yang dapan mempengaruhi Keputusan pembelian terhadap konsumen.