PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL "WORDWALL" UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN EKONOMI MIKRO BERDASARKAN LIMA DIMENSI KUALITAS

Penulis

  • Enny Kartini Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial
  • Tri Widyasari Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial
  • NoredyoMolyaningrum Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Digital, Wordwall, SERVQUAL

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Kaltim terhadap penggunaan media pembelajaran digital "wordwall" untuk meningkatkan pemahaman ekonomi mikro berdasarkan lima dimensi kualitas (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 32 mahasiswa yang telah menggunakan Wordwall dalam pembelajaran ekonomi mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Wordwall sangat positif, dengan rata-rata skor untuk semua dimensi di atas 4. Dimensi Empathy dan Responsiveness mendapat skor tertinggi, menunjukkan bahwa mahasiswa merasa platform tersebut memberikan pengalaman belajar yang personal dan responsif terhadap kebutuhan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur terkait pembelajaran ekonomi mikro melalui media digital, dengan menggabungkan model SERVQUAL dalam mengukur kualitas layanan pembelajaran.

CENDEKIA VOLUME 13, NOMOR 2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-29

Terbitan

Bagian

Artikel