PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMA NEGERI 14 SAMARINDA TAHUN AKADEMIK 2024/2025.

Penulis

  • Milawati Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial

Kata Kunci:

Inovasi Pembelajaran, Prestasi Belajar Ekonomi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh inovasi pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 14 Samarinda Tahun Akademik 2024/2025. Dengan populasi sebanyak 168 diperoleh sampel sebanyak 118 orang. Jenis penelitian ini adalah expost facto dimana peneliti tidak mmberi perlakuan terhadap objek penelitian. Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 50, 088 + 1,170x, yang berarti inovasi pembelajaran sebesar satu satuan akan meningkatkan 1, 170 prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 14 Samarinda Tahun Akademik 2024/2025. Strategi pembelajaran inovatif yang dilakukan oleh guru merupakan suatu bentuk kemampuan yang mencerminkan fleksibilitas guru menyesuaikan penyajian materi secara efektif untuk dapat diterima oleh peserta didik yang beragam. Kemampuan ini sangat diperlukan dalam usaha memberikan pemahaman kepada peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuan pada proses pembelajaran mampu memberikan siswa pemahaman yang mudah, dapat menumbuhkan keinginan untuk belajar mandiri karena begitu menikmati proses belajar yang disajikan oleh guru sehingga akan meningkatkan prestasi peserta didik.   

CENDEKIA VOLUME 13, NOMOR 2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-29

Terbitan

Bagian

Artikel