PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Penulis

  • Noredyo Molyaningrum IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Motivasi belajar, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar pada mata kuliah Bahasa Inggris mahasiswa Semester II program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun Akademik 2023/2024. Dengan populasi 117 orang, diperoleh sampel sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.             Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y ═ 26,38+ 0,422 X, yang berarti minat belajar sebesar satu satuan akan meningkatkan 0,422 motivasi belajar pada mata kuliah Bahasa Inggris mahasiswa Semester II program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun Akademik 2023/2024. Selain itu, dari hasil perhitungan untuk menguji tingkat signifikansi dari Regresi yang menggunakan rumus Fhitung ,diketahui bahwasanya Fhitung = 9,54  > F tabel  = 4,32. Ini berarti ada pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar pada mata kuliah Bahasa Inggris mahasiswa Semester II program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga IKIP PGRI Kalimantan Timur Tahun Akademik 2023/2024

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-21