REKOMENDASI MODEL PEMBELAJARAN YANG SESUAI DI SMK SAAT KEGIATAN PEMBELAJARAN SECARA DARING

Penulis

  • Sandi Kurniawan IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Model pembelajaran, daring

Abstrak

bad XXI merupakan suatu era dimana terjadi perubahan secara besar-besaran di segala aspek
kehidupan manusia. Aspek pendidikan merupakan salah satu yang paling terdampak. Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang wajib mengikuti tuntutan era
XXI dikarenakan SMK berorientasi kerja. Tuntutan kompetensi lulusan SMK juga semakin
beragam diantaranya skills, knowledge, attitude, values, dan ethics. Untuk mencapai kompetensi
abad XXI kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMK harus di rancang dan dilaksanakan dengan
baik sesuai dengan karakteristik peserta didik agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat
bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran yang mulanya berjalan dengan baik menjadi terkendala
dikarenakan wabah penyakit yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Wabah tersebut merupakan
wabah Covid-19, yang saat ini disebut sebagai pandemic covid-19. Karena pandemic covid-19
tersebut kegiatan pembelajaran yang awalnya dilaksanakan dengan tatap muka yang sering disebut
dengan luar jejaring (luring) dialihkan menjadi pembelajaran online atau sering di sebut
pembelajaran dalam jejaring (daring). Berakhirnya wabah penyakit tersebut membuat
pembelajaran daring masih kerap dijadikan alternatif proses pembelajaran jika pendidik
berhalangan hadir secara langsung. Oleh sebab itu untuk mencapai kompetensi tersebut dan
dibatasi dengan pembelajaran hanya bisa dilakukan dengan pembelajaran daring maka perlu
menggunakan model pembelajaran yang menarik agar peserta didik tetap bersemangat dalam
proses pembelajaran meski pembelajarannya dilaksanakan secara daring

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-21