PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKR SMKN 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Agus Perianto SMK Negeri 10 Samarinda
  • Guniarti SMK Negeri 10 Samarinda
  • Atik Atun Farida Munawaroh SMK Negeri 10 Samarinda
  • Alfito Simon IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR
  • Muhamad Arifandi IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR

Kata Kunci:

Full day school, Kedisiplinan, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kedisiplinan dan prestasi belajar peserta didik. 2) penerapan Full day school. 3) pengaruh Implementasi Full day school dalam mempengaruhi kedisiplinan dan prestasi belajar peserta didik Kelas X TKR SMKN 10 Samarinda.  Metode penelitian ini menggunakan Studi kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data yang relevan (3) menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan (4) menginterpretasikan atau menganalisis data-data dari berbagai bacaan tersebut (5) penyusunan laporan. Sumber data dalam penelitian ini berupa 6 buku, 3 skripsi dan 2 jurnal dari penelitian terdahulu. Kedisiplinan adalah sikap taat dan patuh pada tata tertib dan peraturan yang berlaku di sekolah baik secara sadar maupun dengan pakasaan (ada hukuman dan sanksi). Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Full day school adalah proses pembelajaran yang dilakukan seharian penuh dengan memadukan sistem pengajaran secara intensif dan menambahi waktu khusus untuk pendalaman materi peserta didik serta menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan menyenangkan. Dari hasil kajian dan analisis data menunjukan 100% (semua sumber data) mengungkapkan adanya pengaruh antara Implementasi Full day school terhadap kedisiplinan dan  prestasi belajar peserta didik Kelas X TKR SMKN 10 Samarinda

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08

Terbitan

Bagian

Artikel