Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto

Authors

  • Firda Aulia K. Afifuddin Universitas PGRI Jombang
  • Esty Saraswati N. Hartiningrum Universitas PGRI Jombang
  • Ama N. Fikrati Universitas PGRI Jombang

Keywords:

Kecerdasan emosional, Kemandirian belajar, Prestasi belajar

Abstract

Kecerdasan emosional dan kemandirian belajar merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk meraih prestasi yang lebih baik di sekolah. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi bisa meraih prestasi belajar yang membanggakan, adapun siswa yang memiliki kemandirian dalam belajar mampu bertanggung jawab, percaya diri, dan dapat memotivasi dirinya seperti keinginan untuk belajar atas kemauan sendiri tanpa dorongan dari pihak luar sehingga siswa mampu mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: 1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto, 2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto, serta 3) kecerdasan emosional dan kemandirian belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi dari 58 siswa dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-T dan Uji-F. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan regresi linier berganda, diperoleh persamaan . Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto yang ditunjukkan dengan nilai dan nilai signifikansi .  2) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto yang ditunjukkan dengan  dan nilai signifikansi . 3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto yang ditunjukkan dengan  dan nilai signifikansi .

Published

2025-12-10

How to Cite

Firda Aulia K. Afifuddin, Esty Saraswati N. Hartiningrum, & Ama N. Fikrati. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto. Cendikia, 5(2), 145–159. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/237