PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI KELAS V SD NEGERI 016 BALIKPAPAN TENGAH

Penulis

  • Achmad Maulana IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR
  • Yusqi Lukmana IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR

Kata Kunci:

motivasi belajar siswa, penjasorkes, media pembelajaran audio visual

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjasorkes di kelas V SD Negeri 016 Balikpapan Tengah, dengan populasi sebanyak 27 siswa, dimana sampel dalam penelitian adalah menggunakan total sampel yaitu 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain “ex post facto”. Instrumen menggunakan tes angket yang sudah ditentukan skor itemnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Nilai Sign < alpha = 0,05 maka 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan terdapat korelasi positif (korelasi berjalan searah) dengan menggunakan korelasi Product Moment (r = 0,622), yang artinya antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi kuat atau tinggi. Selanjutnya pengujian hipotesis dengan uji T, hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel (5,422 > 2,056). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjasorkes di kelas V SD Negeri 016 Balikpapan Tengah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08

Terbitan

Bagian

Artikel