PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Media Gambar, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun pelajaran 2022/2023, dengan populasi 104 siswa, dimana sampel dalam penelitian diambil sebesar 35 siswa.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik kuesioner atau angket dan data penilaian akhir semester. Data-data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan statistik menggunakan regresi linear sederhana, dimana hasil persamaan regresinya yaitu Y = 53,835 + 0,528X. Berdasarkan persamaan regresi tersebut jika X = 0 maka hasil belajar akan tetap 53,835 dan jika penggunaan media gambar naik sebesar satu-satuan maka hasil belajar akan naik sebesar 0,528 satuan. Setelah diketahui hasil persamaan regresinya, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengujian hipotesis dimana nilai F hitung yang diperoleh sebesar 7,16 dan nilai F tabel dimana F 0,05 (1:33) sebesar 4,14, sehingga F hitung lebih besar F tabel, dimana F = 7,16 > 4,14, yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian uji F tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun pelajaran 2022/2023, dimana besarnya pengaruh penggunaan media gambar (X) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 17,8% dan sebanyak 82,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya.