PENERAPAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN TEKA TEKI SILANG

Penulis

  • Milawati IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR

Kata Kunci:

Ekonomi, Hasil Belajar, Teka-Teki Silang

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Ekonomi melalui penerapan media pembelajaran Teka Teki Silang di Kelas X-6 SMA Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini adalah bentuk penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 14 Samarinda, Tahun Pelajaran 2023/2024, yang berjumlah 34 peserta didik. Adapun objek penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ini adalah tentang metode pembelajaran dengan media teka teki silang dalam upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pra siklus ini telah didapatkan hasil yaitu rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari nilai postest siswa kelas X-6 adalah 71,88 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 57. Dari penelitian tindakan siklus I telah didapatkan hasil yaitu rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari nilai postest siswa sebesar 77, 97 dengan nilai tertinggi 94 dan yang paling rendah 63. Dari hasil ini diperoleh adanya peningkatan hasil belajar siswa dari awal sebesar  dari nilai awal yang rata-ratanya 71,88 menjadi 77, 97 sehingga nilai rata-rata siswa meningkat sebanyak 6, 09. Target capaian peneliti adalah meningkatkan nilai siswa ≥70. Sehingga masih dibutuhkan lagi tindakan untuk meningkatkan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥70. Pada siklus II didapatkan hasil rata-rata nilai siswa adalah 85 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 72. Dengan demikian daapt disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan media teka teki silang dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X-6 mata pelajaran Ekonomi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08

Terbitan

Bagian

Artikel