PENGARUH MINAT MAHASISWA MENJADI GURU DAN PENDAPAT ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA S1 PENDIDIKAN EKONOMI DI IKIP PGRI KALTIM
Keywords:
Minat Mahasiswa, Pendapatan Orang Tua, Minat Menjadi Guru.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kausal. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel terikat yaitu Hasil Belajar Mahasiswa, serta variabel bebas yang meliputi minat mahasiswa menjadi guru dan pendapat orang tua. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI angkatan 2021-2022 sebanyak 94 mahasiswa dan sampel sebanyak 31 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratrified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat mahasiswa menjadi guru terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapat orang tua terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. (3) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan minat mahasiswa menjadi guru dan pendapat orang tua terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,783 dapat diartikan bahwa 78,3% Hasil Belajar Mahasiswa dipengaruhi oleh minat mahasiswa menjadi guru dan pendapat orang tua.

