PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKL SMK NEGERI 16 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022
Kata Kunci:
Disiplin, Lingkungan, Belajar, PrestasiAbstrak
Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X AKL SMK Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023.Dalam penelitian yang menjadi subjek adalah siswa kelas X AKL yang penulis ambil berjumlah 33 orang. Untuk memperoleh data yang digunakan penelitian ini, teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil perhitungan didapat hasil persamaan linier bergandanya adalah sebagai berikut: Y = 3.574 + 66,678 + 0.038 . Hasil analisis korelasi ganda pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X AKL SMK Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023, sebesar r = 66.25 termasuk dalam kategori sangat kuat, karena dari tabel interprestasi nilai berada di antara 0,800 – 1,000. Kemudian untuk menguji tingkat signifikan dari korelasi digunakan rumus Fhitung di mana Fhitung 15.00> Ftabel 3,34, ini berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X AKL SMK Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Kemudian dari hasil analisis dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai Thitung sebesar 5.567 dengan nilai Thitung ini akan dibandingkan dengan nilai Ttabel dengan dk pembilang penyebutnya = (a/2; n.k – 1) = t (0,05/2 ; 33 – 2 – 1) = (0,025 ; 30) dengan taraf kepercayaan 95% atau pada tingakat kesalahan 5% nilai tabel ditemukan. Ternyata Thitung lebih besar dari Ttabel (5.567>2,042). Karena Thitung >Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.