PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 3 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • Sepriyanti IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR
  • Umi Fitria IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR

Kata Kunci:

Pemberian Reward, Keaktifan Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 3 Samarinda. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metodepenyebaran kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 104 orang responden. Hasil analisa data yang diolah menggunakan regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 36,982 + 0,565X. Setelah diperoleh persamaan regresi tersebut, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan tingkat signifikan  : 0,05, diperoleh nilai  sebesar 48,35 dan nilai  sebesar 3,96 sehingga hasil nilai F = 48,35 > 4,30 (maka  ditolak,  diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 3 Samarinda tahun 2022/2023” dengan presentase koefisien determinasi sebesar 37,7% dan 62,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11

Terbitan

Bagian

Artikel