PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SUB MATERI KELANGKAAN SEBAGAI INTI MASALAH EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Penulis

  • Syaiful Anwar IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Eko Pralistio IKIP PGRI Kalimantan Timur

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Active Debate, Model Konvensional

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran active debate dan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi sub materi kelangkaan sebagai inti masalah ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 3 Samarinda tahun 2022, dengan populasi 310 orang, dimana sampel penelitian ini adalah menggunakan total sampel 70 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes butir soal pilihan ganda dan essay yang sudah ditentukan skornya. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran Active Debate lebih baik dengan nilai rata-rata 74.06 dari pada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Konvensional mendapatkan nilai rata-rata 67.80 hasil pengujian Independent Sampel T-test menunjukan bahwa lebih besar dari   (2,229 > 1,995) dan hasil nilai signifikansi sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05) maka H0 di tolak dan Ha di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pmbelajaran acive debate dan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi sub materi kelangkaan sebagai inti masalah ekonomi kelas X F dan E SMA Negeri 3 Samarinda Tahun 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-26

Terbitan

Bagian

Artikel