PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MOTOR BENSIN

Penulis

  • Agus Perianto IKIP PGRI Kalimantan Timur

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Kelangsungan pendidikan selama pandemi akan tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat persiapan perguruan tinggi, kesiapan orang tua/ keluarga, serta kesiapan tenaga pendidik. Pertimbangan harus diberikan pada kebutuhan semua peserta didik untuk terus memberikan pendidikan selama berlangsungnya pandemi. (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin; (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin; (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teknologi motor bensin PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian expost facto. Tempat penelitian ini di IKIP PGRI KALTIM dan waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 . Sample penelitian ini adalah mahasiswa PVTO angkatan 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan kuisioner. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM, (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM , dan (3) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa PVTO angkatan 2021 IKIP PGRI KALTIM

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-26

Terbitan

Bagian

Artikel