PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA GERAK KENDARAAN

Authors

  • Priangga Pratama Putra Haryanto IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Muhammad Septiawan IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Rendy Fatur Hidayat IKIP PGRI Kalimantan Timur

Keywords:

Lingkungan keluarga, Hasil belajar, PVTO IKIP PGRI KALTIM

Abstract

Lingkungan keluarga dipandang sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi belajar anak diartikan sebagai, lingkungan keluarga merupakan unit terkecil dari sebuah masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa PVTO IKIP PGRI KALTIM angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 PVTO IKIP PGRI KALTIM. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga (X) terhadap hasil belajar MGK (Y) mahasiswa angkatan tahun 2021 PVTO IKIP PGRI KALTIM. Dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000<0,05 dan thitung (12,869) > ttabel (2,026).

Published

2025-12-10

How to Cite

Priangga Pratama Putra Haryanto, Muhammad Septiawan, & Rendy Fatur Hidayat. (2025). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA GERAK KENDARAAN. Cendikia, 3(2), 77–87. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/197