PENGGUNAAN METODE SIMULASI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMANDUAN WISATA MATERI TRANSFER IN PADA SISWA KELAS XI-1 PROGRAM KEAHLIAN USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kata Kunci:
Simulasi Bermain Peran, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Penggunaan Metode Simulasi Bermain Peran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemanduan Wisata Materi Transfer In Pada Siswa Kelas XI-1 Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2021/2022”.Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu: Peneliti melakukan penjumlahan nilai yang diperoleh siswa, yang selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sehingga diperoleh rata-rata tes formatif dapat dirumuskan:
Dengan : = Nilai rata-rata
Σ X = Jumlah semua nilai siswa
Σ N= Jumlah siswa
Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai berikut:
Pembelajaran model simulasi bermain peran pada materi Transfer In memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I rata rata hasil belajar 79 dengan ketuntasan belajar 64% dan siklus II rata rata hasil belajar 81 dengan ketuntasan belajar 90 %