PENGGUNAAN METODE SIMULASI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMANDUAN WISATA MATERI TRANSFER IN PADA SISWA KELAS XI-1 PROGRAM KEAHLIAN USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Mujiati SMK NEGERI 1 SAMARINDA

Kata Kunci:

Simulasi Bermain Peran, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peranan Penggunaan Metode Simulasi Bermain Peran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemanduan Wisata Materi Transfer In Pada Siswa Kelas XI-1 Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2021/2022”.Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif  kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu: Peneliti melakukan penjumlahan nilai yang diperoleh siswa, yang selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sehingga diperoleh rata-rata tes formatif dapat dirumuskan:

pastedGraphic.png

Dengan : pastedGraphic_1.png = Nilai rata-rata

Σ X = Jumlah semua nilai siswa

Σ N= Jumlah siswa

Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai  berikut:

pastedGraphic_2.png

           Pembelajaran model simulasi bermain peran pada materi Transfer In memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I rata rata hasil belajar 79 dengan ketuntasan belajar 64% dan siklus II rata rata hasil belajar 81 dengan ketuntasan belajar 90 %

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Artikel