PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEAKTIFAN MAHASISWA PVTO ANGKATAN 2020 IKIP PGRI KALTIM
Keywords:
Interaksi Sosial, Kepercayaan Diri, KeaktifanAbstract
Pendidikan yang ada di Indonesia belum berjalan dengan baik karena masih terdapat permasalahan pada rendahnya sumber daya manusia. Banyaknya angka pengangguran menjadi salah satu bukti pendidikan di Indonesia belum berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap keaktifan mahasiswa di kelas; (2) Mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap keaktifan mahasiswa di kelas; (3) Mengetahui pengaruh interaksi sosial dan kepercayaan diri terhadap keaktifan mahasiswa PVTO angkatan 2020 IKIP PGRI KALTIM. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian expost facto. Tempat penelitian ini di IKIP PGRI KALTIM dan waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Sample penelitian ini adalah mahasiswa PVTO angkatan 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan kuisioner. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh tidak signifikan interaksi sosial terhadap keaktifan mahasiswa PVTO angkatan 2020 IKIP PGRI KALTIM yang dilihat dari nilai thitung = 1,121 dengan nilai signifikansi sebesar 0,272, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap keaktifan mahasiswa PVTO angkatan 2020 IKIP PGRI KALTIM yang dilihat dari nilai thitung = 2,834 dengan nilai signifikansi sebesar 0,009, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dan kepercayaan diri terhadap keaktifan mahasiswa mahasiswa PVTO angkatan 2020 IKIP PGRI KALTIM yang dilihat dari nilai Fhitung = 23,220 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

