MODEL PEMBELAJARAN SEKOLAH SELAMAT PAGI INDONESIA

Authors

  • Sudadi IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Akhmad Ramli IKIP PGRI Kalimantan Timur

Keywords:

Manajemen, Perencanaan, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan pembelajaran di SMA Selamat Pagi Indonesia Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengasuh asrama dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan penerimaan peserta didik baru harus berasal dari anak yatim piatu dan perencanaan pembelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Published

2021-12-11

How to Cite

Sudadi, & Akhmad Ramli. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SEKOLAH SELAMAT PAGI INDONESIA. Cendikia, 7(1), 152–162. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/162