PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA BENGKEL PAK AMAT TAHUN 2021
Keywords:
Marketing Mix, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk pada bengkel Pak Amat tahun 2021, dengan populasi 108 konsumen pada bengkel Pak Amat. Dari jumlah populasi diambil sampel 15% dari jumlah populasi 108 konsumen maka diperoleh sample sebanyak 16 konsumen. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik data angket atau kuesioner yaitu dengan meminta konsumen bengkel Pak Amat untuk mengisi angket atau kuesioner yang diberikan. Dalam penelitian ini data-data yang diperoleh dianalisis menggunkan rumus regresi linier sederhana. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 7,960 + 0,145X, dimana Y merupakan variabel keputusan pembelian, dan X adalah marketing mix. Artinya, setiap peningkatan marketing mix sebesar 1 poin, akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,145 poin, dan jika marketing mix tidak ada (X=0) maka nilai keputusan pembelian (Y) akan tetap sebesar 7,960 poin.Dengan tingkat signifikansi α= 0,05 > 0,019. Maka diperoleh nilai F hitung sebesar 6,999 dan nilai F table sebesar 4,60 (Fhitung > F table) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk pada bengkel Pak Amat Tahun 2021. Besarnya pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian ditunjukan pada Tabel 1, yakni 0,333 atau sebesar 33,3%. Dan sisa nya sebesar 72,7% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilakukan penelitian oleh penulis.

