PENGARUH HARGA DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR TRADISIONAL PERUMAHAN GRAHA INDAH SAMARINDA
Kata Kunci:
Harga, Minat Beli, Kepuasan KonsumenAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan minat beli terhadap kepuasan konsumen pada pasar tradisional perumahan graha indah Samarinda. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penyebaran angket. Jumlah sampel sebanyak 30 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobably sampling. Ada dua kelompok variabel dalam penelitian ini. variabel bebas adalah harga dan minat beli, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan konsumen. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Setelah dilakukan perhitungan teknik menggunakan statistik pada level of significant 0,05, diperoleh signifikansi untuk variabel harga terhadap kepuasan konsumen bahwa Fhitung 12,441 > 3,35 Ftabel, sedangkan untuk variabel minat beli terhadap konsumen diperoleh signifikansi sebesar Fhitung 20,36 > 3,35 Ftabel. Selanjutnya didapat persamaan regresi linier bergandanya adalah : Y = 4,352 + 0,58 X1 + 0,268 X2, kemudian untuk menguji tingkat signifikan dari garis regresi digunakan rumus Fhitung dimana Fhitung = 10,172 > Ftabel = 3,35, ini menjelaskan bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga (X1) dan minat beli (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Pasar Tradisional Perumahan Graha Indah Samarinda.