PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INISIATIF GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
pembelajaran daring, keaktifan, kreatifitas, inisiatif.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran daring dalam meningkatkan kreativitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah di SMA Negeri 14 Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian diadakan di SMA Negeri 14 Samarinda pada tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah 15 orang guru. Obyek penelitian adalah pembelajaran di rumah melalui pembelajaran daring/online dimasa pademi covid-19. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisi secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring dapat mengatasi pelaksanaan pembelajaran di masa pademi covid 19 melalui kreatifitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah. Kreatifitas guru mengalami peningkatan dalam hal ketepatan waktu sebesar 9%, penyusunan program pembelajaran baru sebesar 14%, menghasilkan ide – ide baru sebesar 9%, menghasilkan gagasan baru sebesar 9% dan kepribadian yang dimiliki guru meningkat sebesar 11% dari siklus I ke siklus II. Setelah ada Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini tingkat kreativitas dan inisiatif guru dalam melaksanakan pembelajaran dirumah, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan proses pembelajaran daring menjadi efektif.