Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Melak Kabupaten Kutai Barat
Kata Kunci:
Implementasi, Manajemen, Berbasis SekolahAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan; (1). Implementasi MBS dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Pemenuhan VIII SNP (3) Peran Stakeholders dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (4) Kendala dan solusi dalam pemenuhan VIII SNP di SMPN 1 Melak Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini menggunakan metode kasus dengan prosedur pengumpulan data yang menggunakan beberapa teknik mencakup: Observasi, partisipan dan catatan lapangan berdasarkan pedoman observasi. Dokumentasi, berupa photography, dan arsip-arsip sekolah, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yang dilakukan dengan cross chek data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis siklus Milles Huberman, proses dimulai reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil temuan substantif yaitu (1) Implementasi MBS, adalah model “Cooperative Participation Management Based Quality”, (2) Pemenuhan VIII SNP meliputi yaitu: Standar Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Penilaian, (3) Peran serta stakeholders instrumental participation dan transformative participation (4). Ada beberapa kendala dalam pemenuhan VIII SNP sehingga masih perlu tindak lanjut untuk perbaikan. dalam standar proses; ada kesenjangan 30% tenaga pendidik yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis ICT, ada kesenjangan 40% dalam tenaga pendidik melaksanakan pembelajaran kontekstual learning, quantum learning, pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan, cooperative learning serta solusinya dengan melaksanakan supervisi akademik terhadap proses pembelajaran di dalam kelas, melaksanakan supervisi akademik terhadap proses pembelajaran di dalam kelas, menekankan penguatan kemandirian dan spirit partisipasi masyarakat mencapai mutu MBS