PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA PT. ASTRA MOTOR DI SAMARINDA TAHUN 2020

Authors

  • Priangga Pratama Putra Haryanto IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Esta Larossa IKIP PGRI Kalimantan Timur
  • Yudha Ari Purnama IKIP PGRI Kalimantan Timur

Keywords:

Promosi, Penjualan, Sepeda Motor

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap penjualan sepeda motor pada PT Astra Motor Samarinda  dengan populasi sebanyak 20 orang. Data-data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier  ganda. Setelah diadakan perhitungan diperoleh persamaan Y = -14,8 + 2,19 (X). Kemudian untuk mengetahui hubungan diatara variabel-variabel digunakan korelasi ganda, di peroleh harga rxy sebesar 0,803. Berdasarkan tabel kriterian interpretasi r` nilai tersebut terletak antara 0,800 sampai dengan 0,1000. Ini berarti bahwa ada hubungan antara promsi secara  terhadap penjualan sepeda motor pada PT. Astra Motor mempunyai hunbungan yang sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel bebas adalah 3,812 untuk promosi secara  Sedangkan nilai t tabel adalah 1,859 (t hiung > t tabel) artinya bahwa variabel promosi secara  berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan. Nilai koefisien determinasi pengkuadratan nilai koefisien korelasi yaitu 0,8032=0,645. Jadi koefisien determinasi=0,645 atau 64,5% angka tersebut mengandung arti bahwa variabel promosi  (x) secara silmultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap penjualan (y) sebesar 64,5%. Sedangkan sisanya ( 100% - 64,5% = 35,5%)  dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.

Published

2021-12-11

How to Cite

Priangga Pratama Putra Haryanto, Esta Larossa, & Yudha Ari Purnama. (2021). PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA PT. ASTRA MOTOR DI SAMARINDA TAHUN 2020. Cendikia, 7(1), 47–60. Retrieved from https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/153