PROMOSI DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI WILAYAH KELURAHAN BUDAYA PAMPANG KOTA SAMARINDA
Kata Kunci:
Strategi,Promosi, Jumlah,WisatawanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Budaya Pampang. Fokus Penelitian ini yaitu pada Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan ke Budaya Pampang yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Strategi promosi adalah sebuah rencana kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai atau konsumen yang bertujuan meningkatkan omset penjualan.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang dimulai dari analisis berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data tersebut baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan.Analisis data dalam penelitian ini juga mengacu pada model analisis interaktif oleh Matthew B.Miles dan A. Michael Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Kota Samarinda telah melakukan kegiatan promosi berupa Advertising, Sales Promotion, Public Relation, Personal Selling, Direc Marketing Belum optimal. Mayoritas Pengunjung yang datang ke Budaya Pampang mengetahui informasi melalui teman dan keluarga. Keterbatasan dana yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda dapat diatasi dengan menggunkan media internet khususnya media sosial yang saat ini digunakan oleh masyarakat sehingga informasi yang disampaikan dapat tersebar luas dengan cepat dengan menggunakan dana yang tidak terlalu besar. Majunya sebuah Daya Tarik Wisata tidak terlepas dari peran masyarakat oleh sebab itu Dinas Pariwisata Kota Samarinda diharapkan dapat melakukan sosialisasi ke sekitar masyarakat agar turut berperan dalam memajukan Budaya Pampang.