PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMINJAM DANA TUNAI DI PT. KRESNA REKSA FINANCE CABANG SAMARINDA SEBERANG

Penulis

  • Devi Kumala Hesty IKIP PGRI KALTIM
  • Tri Widyasari IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Motivasi, Perilaku, dan Minat Konsumen

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan perilaku terhadap minat konsumen meminjam dana tunai di PT. Kresna Reksa Finance cabang Samarinda Seberang, dengan populasi 50 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang.

Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik angket/kuesioner yaitu dengan meminta konsumen PT. Kresna Reksa Finance untuk mengisi angket/kuesioner yang diberikan. Dalam penelitian ini data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan  rumus regresi linier ganda. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh persamaan regresi yaitu . Selanjutnya dilakukan uji signifikasi garis regresi dan diperoleh . Dengan tingkat signifikansi , tampak bahwa , sehingga H0 ditolak, yang artinya model persamaan regresi yang diperoleh dapat digunakan, atau dengan kata lain terdapat pengaruh motivasi dan perilaku terhadap minat konsumen meminjam dana tunai di PT. Kresna Reksa Finance cabang Samarinda Seberang. Besarnya pengaruh motivasi dan perilaku terhadap minat konsumen meminjam dana tunai di PT. Kresna Reksa Finance cabang Samarinda Seberang yakni 0,580 atau sebesar 58%. Sedangkan untuk 42% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-10

Terbitan

Bagian

Artikel