TRANSFORMASI MANAJEMEN PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SAMARINDA

Penulis

  • Abdul Rozak Fahrudin SMA Negeri 17 Samarinda

Kata Kunci:

Transformasi, Manajemen Pembinaan, Pendidikan Karakter

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan: 1. Nilai-nilai karakter yang ditransformasikan dalam pendidikan karakter. 2. Implementasi transformasi manajemen pembinaan pendidikan karakter. 3. Dampak transformasi manajemen pembinaan pendidikan karakter.. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, photography, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis Miles dan Huberman (2014) interactive transformasi yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan yang berkarakter adalah: (a) mutu pendidikan berkarakter akademik excellent dan religious awareness, (b) nilai-nilai akademik excellent, nilai: kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, komunikatif, kontrol diri, dan nilai-nilai religius awareness, nilai: religius, keikhlasan, keteladanan, mencintai kebaikan, (c) menggunakan prinsip keterpaduan moral knowing, moral feeling dan moral action melalui pendekatan keteladanan dan pendekatan sistem;(2) Implementasi transformasi perencanaan pendidikan karakter dilandasi transformasi yang sistemik integratif. Transformasi pelaksanaannya menggunakan habitualisasi (pembiasaan), personifikasi, transformasi keteladanan perilaku seseorang (role transformasi), pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler, intra dan ko-kurikuler dan pembentukan lingkungan yang kondusif. Transformasi pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib dan buku attitude, dan eksternal melalui home visit; (3) Dampaknya bagi kebijakan sekolah berupa kurikulum berbasis karakter, perangkat peraturan proses pembiasaan dan target yang dicapai; sistem manajemen pendidikan karakter yang sistemik integratif; peserta didik yang berkarakter akademik, memiliki kesadaran mewujudkan nilai-nilai karakter mutu: beriman dan taqwa, mencintai ilmu pengetahuan, beramal shaleh, percaya diri, berbudi pekerti yang luhur, dan berkontribusi bagi masyarakat, sesuai harapan, kepuasan, kebanggaan dan kepercayaan masyarakat. Hasil penelitian ini adalah: transformasi manajemen pendidikan karakter sistemik-integratif, role transformasi dan habitualisasi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Artikel