DEVELOPMENT OF PROJECT BASED CONTEXTUAL ON AUTOMOTIF BESICS SUBJECT IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS NUMBER 10 SAMARINDA CITY

Penulis

  • Agus Perianto IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Kompotensi Siswa, Lingkungan Materi Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif di SMK Negeri 10 Samarinda, dan memenuhi kriteria valid. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kontekstual layak dilaksanakan karena model pembelajaran ini telah memenuhi kriteria kevalidan. Tahapan awal yaitu tahap analisis kebutuhan atau analisis model pembelajaran, kompetensi siswa dan perangkat yang dibutuhkan dalam pengembangan model pembelajaran Kontekstual, tahapan kedua adalah tahap desain, tahap ini membuat perangkat pembelajaran. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan, tahapan ini dilakukan validasi perangkat pembelajaran. Hasil analisis penilaian peserta pembelajaran dari keseluruhan aitem memperoleh skor rerata 3,50 dengan persentase 62,50%. Responden memberikan nilai dengan kriteria penilaian sangat Valid. Analisis penilaian keterlaksanaan modul pembelajaran yang terdiri dari 3 aspek penilaian yaitu, aspek persiapan pembelajaran, aspek proses pelaksanaan pembelajaran, aspek setelah mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran kontekstual di SMKN 10 Samarinda telah memenuhi kriteria valid.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Artikel