PENGARUH METODE LATIHAN KELINCAHAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR MENGGIRING DALAM BOLATANGAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 SAMARINDA

Penulis

  • Surtiyo Utomo IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

kelincahan, koordinasi mata tangan, menggiring Bola Tangan

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bolatangan pada siswa kelas XI SMAN 10 Samarinda.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen komparatif dengan populasi adalah siswa kelas XI di SMAN 10 Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 110 orang, kemudian diambil sampel penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Analisis data hasil tes awal dan akhir pengaruh program latihan kelincahan dan koordinaassi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bolatangan menggunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pada program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan Kedua, program latihan koordinasi mata-tangan lebih baik dibandingankan dengan progam latihan kelincahan. Ketiga, tidak terdapat perbedaan antara program latihan koordinasi mata-tangan. Terbukti, rata-rata kemampuan menggiring bola dalam bolatangan siswa pada pretest adalah 15,75 detik, sedangkan pada posttest adalah 13,72 detik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, program latihan koordinasi mata-tangan dan program latihan kelincahan sama-sama memberikan pengaruh besar dalam keterampilan gerak dasar menggiring bolatangan. Dari kedua program latihan tersebut tidak terdapat perbedaaan yang signifikan keterampilan gerak dasar menggiring bolatangan pada siswa kelas XI di SMAN 10 Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Artikel