UPAYA PENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGAJAR GURU MENGGUNAKAN METODE PAIKEM MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMK HUSADA PRIMA SAMARINDA
Kata Kunci:
Supervisi Kepala Sekolah,penggunaan metode PAIKEMAbstrak
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
ketrampilanmengajar para guru dalam menggunakan PAIKEM melalui supervisi
Kepala Sekolah di SMK Husada Prima, Samarinda, pada Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2017/2018. Pengambilan populasi sekaligus sampel ini dilakukan pada 18
orang guru. Adapun keberhasilan guru per-individu diukur dari minimal mendapat
Kreteria Menggunakan PAIKEM (KMP) : 8,0menerapkan PAIKEM dan dengan
tingkat penerapan iukur dari prosentasi minimal 80 % orang guru. PTS ini dimulai
dari kondisi nyata pada semester-semester sebelumnya, di mana guru-guru dalam
mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan tugas sehari-harinya di kelas.
Karena itu dipandang perluadanya upaya agar para guru memahami, memiliki dan
menerapkan ketrampilanmengajar PAIKEM. Untuk meningkatkan ketrampilan
mengajar yang masih menggunakan metode tradisional ini, dalam penelitian
tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan melalui 3 kali siklus tindakan dandiperoleh
hasilnya sebagai berikut :pada siklus I guru memperoleh nilai KMP: sebanyak
8orang ( 44%), siklus II : sebanyak 10orang (55,56%), dan pada siklus III sebanyak
14 orang ((83,5%). Dari pelaksanaan PTS dengan supervisi oleh kepala sekolah
kepada guru untuk menggunakan metode PAIKEMinihasilnya mampu meningkatkan
performa guru mengaplikasikan dalam pembelajaran di kelas.