PENGARUH SERVICE EXCELLENCE DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ABA KOMPUTER SAMARINDA

Penulis

  • Purnama Sari IKIP PGRI KALTIM
  • Tri Widyasari IKIP PGRI KALTIM

Kata Kunci:

service excellence, kualitas jasa, dan kepuasan konsumen

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh service excellence dan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen ABA Komputer Samarinda, dengan populasi 150 konsumen yang datang di ABA Komputer setiap harinya. Sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik random sampling sebanyak 50% dari jumlah populasi yaitu 75 orang.

Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti menggunakan teknik penelitian lapangan dengan menggunakan kuesioner. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh service excellence (X1) dan kualitas jasa (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan diperoleh  persamaan regresi Y = 5,774 + 0,400 X1 + 0,293 X2. Selanjutnya dilakukan uji signifikansi garis regresi menggunakan uji F dan diperoleh Fhitung sebesar 56,783 dan Ftabel sebesar 3,12. Karena Fhitung>Ftabel, maka H0 ditolak. Artinya service excellence dan kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian dengan menggunakan koefisien determinasi yaitu KD = 0,612, maka besar pengaruh service excellence dan kualitas jasa secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 61,2%, sedangkan 38,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Terbitan

Bagian

Artikel