PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KELINCAHAN TERHADAP HASIL PUKULAN FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA FIP IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR
Kata Kunci:
Pembelajaran, Kelincahan, Pukulan, TenisAbstrak
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kelincahan Terhadap Hasil Pukulan Forehand Tenis Lapangan pada Mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur dan metode mana yang lebih baik, 2) mengetahui pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah “Treatment-by-block design 2x2”. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah olahraga pilihan tenis lapangan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Kalimantan Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total responden sebanyak 35 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pengukuran. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=0,000). Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pukulan forehand mahasiswa adalah metode drill. Hasil pukulan forehand kelompok hasil taktis diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,71 dan pada kelompok hasil dril diperoleh nilai rata-rata sebesar 18,83. Tidak terdapat pengaruh kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=161). Tidak ada interaksi metode pembelajaran dan kelincahan terhadap hasil pukulan forehand tenis lapangan pada mahasiswa FIP IKIP PGRI Kalimantan Timur (p=0,735).