MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI KHUSUS OLAHRAGAWAN INTERNASIONAL KALIMANTAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Agung Sugiarto IKIP PGRI KALTIM
  • Anin Dita

Kata Kunci:

Minat, Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur tahun pelajaran 2019/2020, dengan populasi 85 orang, dimana sampel dalam penelitian adalah menggunakan total sampel yaitu 85 orang. Responden yang diperoleh dalam penelitian ini hanya 72 siswa dari 85 siswa yang ada.

Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan teknik deskriptif, data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan statistik menggunakan program IBM SPSS 25. Isntrumen yang digunakan berupa angket dengan 30 butir pernyataan dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,721.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur tahun pelajaran 2019/2020, dengan minat sangat tinggi 6 siswa atau 8%, tinggi 17 siswa atau 24%, sedang 27 siswa atau 38%, rendah 18 siswa atau 25% dan sangat rendah 4 siswa atau 6%. Secara keseluruhan tingkat minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata skor sebesar 107.

Untuk faktor dari dalam diri sendiri menunjukkan minat yang sedang yaitu dengan rata-rata skor sebesar 47, faktor dari lingkungan keluarga menunjukkan minat yang sedang dengan rata-rata skor 17 dan untuk faktor dari lingkungan sekolah menunjukkan minat yang sedang yaitu dengan rata-rata skor 43

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel